Sejarah Singkat Counter Strike

Di tengah maraknya game FPS saat ini, Counter Strike menjadi salah satu game esport tertua. Pasalnya, game ini sudah ada sejak 19 tahunan yang lalu dan masih banyak dimainkan hingga sekarang. 

Tentu saja tidak mudah untuk mempertahankan game jadul agar dapat terus dimainkan oleh generasi yang berbeda. Namun, CSGO membuktikan dapat bertahan di tengah perkembangan game yang sangat pesat. Simak sejarah singkatnya berikut ini. 

Awal Mula Counter Strike

sejarah-singkat-counter-strike

Counter Strike ialah game yang dikembangkan oleh Minh Le (Gooseman) dan Jess Cliffe. Pada saat mengembangkan game ini, keduanya sedang menjalani studi mereka. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa tentu Gooseman dan Cliffe kesulitan meluangkan waktu.

Maka dari itu, keduanya memutuskan untuk membuat game ini dikembangkan secara publik. Jadi, komunitas ikut serta dalam mengembangkannya sehingga perlahan CS:GO dapat dimainkan secara sempurna.

Dalam perkembangannya, CS juga dirilis dalam beberapa versi mulai dari Xbox, Condition Zero, hingga Source. Bahkan beberapa perilisan tersebut pun tidak sedikit menuai kontroversi. Misalnya Condition Zero yang dianggap rilis terlambat karena kualitas grafisnya yang kalah dengan game serupa masa itu.

Akan tetapi, meski menuai banyak kritik, penjualan dari game ini pun sangat besar. Dari awal perilisannya, Counter Strike PC sudah dimainkan oleh 8000 orang. Tidak lama kemudian meningkat menjadi 12.000 pemain dalam waktu singkat. Pada masa itu, hal tersebut merupakan salah satu kesuksesan yang besar.

Begitu pula dengan penjualan versi lainnya seperti Counter Strike Condition Zero yang terjual hingga 2.9 juta copy. Hal ini menunjukkan bahwa game ini memiliki popularitas yang sangat tinggi.

Game Counter Strike Saat Ini

sejarah-singkat-counter-strike

Pada dasarnya, CS dapat dimainkan melalui PC atau laptop dengan spek yang rendah. Namun, memang tidak semua orang suka mengunduh permainannya. Apalagi sekarang sedang marak game online yang membuat CS mau tidak mau harus mengikuti perkembangan.

Sekarang, game FPS besutan valve ini tidak lagi terbatas untuk pengguna yang mengunduh steam. Namun, juga bisa dimainkan secara online. Tentu saja dengan adanya Counter Strike online ini membuat peminatnya semakin banyak.

Ditambah lagi dengan adanya multiplayer yang memungkinkan pemain dapat bermain bersama secara online. Jadi, kalian tidak lagi terbatas hanya melawan AI atau computer. 

CS juga terus menambahkan berbagai item menarik untuk digunakan para gamers pada karakternya. Dengan demikian, permainan menjadi lebih menyenangkan dan tidak kalah dengan game FPS kekinian.

Meski sudah dirilis sejak belasan tahun lalu, CS membuktikan dapat bertahan sampai dengan saat ini. Hal tersebut tidak lepas dari perjalanan sejarahnya yang tidak sedikit. 

Bahkan, sekarang Counter Strike masih menjadi salah satu game FPS favorite para gamers. 

Komentar