Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Mobile Legends Professional League season 5 akan muncul sebentar lagi. Kedelapan tim sudah bersiap dan harus siap untuk masuk di ajang kompetisi.

Indoesports ingin mencoba membuat penelitian mengenai beberapa tim yang akan mengikuti MPLS5 ini. Analisis yang kami buat ini berdasarkan performa pada musim lalu, perkembangan dsb.

Adapun power ranking berdasarkan tim terkuat dan yang paling berpeluang menang. Sampai tim yang kemungkinan masih sulit bersaing di tahap tersebut.

RRQ Esports (Rex Regum Qeon)

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4 Lalu

Salah satu tim di season 4 ini berani memainkan ke-10 pemain yang ada kala itu, sampai pada akhirnya komposisi utama ditemukan.

Jika dibahas dari kualitas, maka tidak ada yang meragukan RRQ karena, RRQ hampir bisa mengalahkan semua tim di MPL season lalu. Hal yang menjadi ganjalan bagi mereka sejak musim reguler sampai grandfinal hanya ada 1 yaitu, EVOS Legends.

Prediksi Pada MPL Season 5

Tim yang berada pada peringkat utama ialah RRQ. Bukan tanpa adanya alasan jika, Ikhsan (RRQ Lemon) beserta tim Esportsnya ada pada puncak power ranking MLBB di MPL season 5 nanti.

Tidak ada perubahan sama sekali dari RRQ. Hanya LJ dan Wizzking yaitu 2 sosok yang memang sebelumnya juga ada di tim namun bukan pemain inti, kini masuk ke daftar utama. Pada saat tim lain perlu adanya tim yang kuat kembali, berbeda dengan RRQ yang sudah melakukannya sejak lama.

Sepengetahuan Indoesports, RRQ juga telah menjadi tim yang sangat konsisten untuk berlatih bersama timnya selepas M1. Liburan mereka juga cuma sebentar saat tim mereka pergi ke Bali. Melihat dari hal tersebut, RRQ memiliki peluang besar untuk menjadi pemenang di MPL season 5 ini.

Daftar Susunan Tim RRQ

  1. Wizzking (midlaner)
  2. LJ (tank mid)
  3. Vyn (support)
  4. R7 Tatsumaki (offlaner)
  5. Lemon (hardcore/mid)
  6. Tuturu (hardcore)

Wizzking bisa menjadi kartu as bagi RRQ karena, sebagian besar dari kita mungkin mengetahui bahwa Wizzking merupakan player yang ada pada jajaran top global tertinggi, dan kapasitas ingamenya tak perlu diragukan lagi sobat.

Onic Esports

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4

Onic turun gunung pada MPL season 4 lalu. Setelah merajai pada MLBB 3 turnamen sebelumnya dan menjadi juara. Tim mereka kesusahan dimusim reguler walaupun, pada akhirnya bisa lolos playoff. Pada playoff juga mereka tidak bisa berbuat banyak yang berujung Onic gagal mempertahankan gelar juaranya.

Prediksi MPL Season 5

Mungkin dari sebagian kalangan tak banyak yang menganggap bahwa Onic bisa menjadi juara di MPL season 5 nanti. Tapi, kalian bisa saja salah karena, bisa saja pada season 5 nanti menjadi ajang pembuktian dan pembalasan dendam bagi Tim Onic.

Donkey (Evos), sempat mengatakan bahwa Onic berpeluang besar kembali ke level terbaiknya karena ingin membuktikan diri. Apalagi sekarang daftar susunan mereka kian gemuk, tanpa kehilangan satu player utama pun.

Daftar Susunan Tim Onic

  1. Udil (midlaner)
  2. Sasa (Hardcore)
  3. Antimage (offlaner)
  4. Drian (tank)
  5. Psychoo (support)
  6. Rasdalima (midlaner)
  7. Angsa (hardcore)
  8. Lordgov (tank)
  9. Kiboy (tank)

Rasdalima bisa menjadi kartu as Tim Onic karena, seperti yang kita ketahui bersama bahwa, Rasdalima sudah sangat dikenal di scene MLBB sebagai midlaner yang berkualitas.

EVOS Esports

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4 Lalu

Sudah tidak diragukan lagi bahwa, EVOS adalah tim terbaik pada musim yang lalu karena, bisa kita lihat bahwa konsistensi mereka sangat luar biasa, dan kualitas yang diberikan pun jauh di atas tim yang lain.

Tim EVOS mungkin bisa dikatakan memiliki daftar susunan MLBB terbaik sepanjang sejarah game season 4, disamping itu kita bisa melihat secara jelas gelar juara MPL & M1 yang menjadi bukti nyata pada kualitas tim ini.

Prediksi MPL Season 5

Tradisi tidak adanya juara bertahan pada MPL menyulitkan Tim EVOS secara mental. Apalagi Oura dan Donkey sudah dipastikan tak main pada season 5 ini. Pengaturan susunan kembali harus dilakukan Evos apalagi, kini sebagian player masih sangat belia.

Menjadi sebuah hal yang semu atau rumit untuk menyebut EVOS untuk kembali juara namun, hal itu bukan hal yang tidak mungkin, dan bisa saja itu terjadi pada Evos. Jika Bajan dan Butss bisa cepat beradaptasi dengan Wannn, Rekt, dan Luminaire, potensi kembali juara masih bisa terbuka di season 5 ini. Ditambahlagi mereka memiliki Rekt, yaitu sosok yang dikenal paling pintar di scene MLBB.

Daftar Susunan Tim Evos

  1. Wannn (midlaner/hardcore)
  2. Rekt (hardcore)
  3. Luminaire (support)
  4. Bajan (tank mid)
  5. Butss (offlaner)
  6. Rexxy (midlaner/hardcore)
  7. Vinss (offlaner)
  8. Donkey (tank mid)

Offlaner berbakat dan satu-satunya player baru di skuat EVOS Legends MPL (Bajan, Vinss, Rexxy dari akademi EVOS musim yang lalu). Mereka mempunyai cara main yang sangat mirip dengan Oura. Bukan hal tak mungkin Butss bisa jadi bintang baru di EVOS nantinya.

Genflix Aerowolf

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4 Lalu

Tim Aerowolf terpuruk pada season 4 lalu. Memiliki predikat sebagai runner-up dari musim sebelumnya saat masih di bawah bendera Louvre, namun para player gagal memberikan permainan terbaik saat itu. Tim Aerowolf menjadi bulan-bulanan oleh 7 tim MPL lain dan baru bangkit ketika dipastikan tidak lolos playoff.

Prediksi MPL Season 5

Aerowolf mengubah daftar susunan tim yang cukup drastis. Jika dilihat secara seksama masih ada pemain-pemain yang bertahan, namun pilar utama dari tim mereka adalah pemain baru. Dengan adanya kehadiran Clay, Jacklee, dan Fredo pada tim utama jelas menjadi warna yang berbeda nantinya.

Jeel yang pindah menjadi hardcore juga patut untuk ditunggu pada permainannya. Ditambah Key, yang menjadi cadangan pada musim lalu yang kabarnya akan jadi offlaner tim utama. Aerowolf berubah total dan bisa berbahaya, dan tak hanya playoff, mereka juga punya skuat yang berpotensi menjadi juara.

Daftar Susunan Tim Aerowolf

  1. Clay (midlaner)
  2. Jeel (hardcore)
  3. Key (offlaner)
  4. Fredo (tank mid)
  5. Jacklee (support)
  6. Kido (midlaner)
  7. Yor (tank mid)
  8. Rinazmi (offlaner)
  9. Badboy (hardcore)
Midlaner muda penuh bakat ini sudah pantas bermain di MPL sejak pada musim lalu. Bahkan kini dia mampu menggeser posisi Kido. Hampir semua pencinta Mobile Legends menanti penampilan Clay ini karena, pada dasarnya Top global 1 Esmeralda ini bisa saja menjadi anak ajaib dengan performa spesialnya di ajang ini asalkan dia bisa menjaga mental, karena tekanan di MPL jelas sangat berbeda dengan turnamen-turnamen lain yang pernah ia ikuti sebelumnya.

Alter Ego

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4

Sempat inkonsisten pada awal musim reguler lalu, Alter Ego berubah menjadi penghancur tim-tim besar. Bahkan sang juara EVOS Legends tak sekalipun mampu membungkam Tim ini. Mereka berada pada peringkat ketiga pada season yang lalu namun, 1 kendala berat mereka yaitu selalu tak mampu bertahan saat menghadapi Tim RRQ.

Prediksi MPL Season 5

Persiapan Tim Alter Ego pada season 5 ini bisa dipastikan lebih matang karena, mereka mempunyai hasrat untuk menjadi juara apalagi, tak ada perubahan sama sekali pada daftar susunan utama. Hadirnya Yam bisa membuat dia dirotasi dengan Rmitchi sesuai kebutuhan sebagai offlaner. Tapi sisanya dipastikan tak tergantikan di pos masing-masing. Jika mampu beradaptasi dan mempertahankan kekompakan, AE berpeluang berjalan lebih jauh lagi.

Daftar Susunan Tim Alter Ego

  1. Celiboy (midlaner)
  2. Caesius (support)
  3. Leomurphy (tank mid)
  4. Rmitchi (offlaner)
  5. Maungzy (hardcore)
  6. Yam (offlaner)

Celiboy telah diketahui sebagai bocah ajaib yang tentunya, ia akan lebih disorot dan diperhatikan nantinya. Mampukah Celiboy mempertahankan bahkan mengembangkan performanya pada MPLS5 ini ? kita lihat permainannya di ajang pertempuran nanti.

Bigetron Alpha

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4

Bigetron sejatinya sudah tampil cukup baik pada MPL Season 4 lalu, bahkan telah menembus playoff. Sayangnya grafik performanya semakin menurun sejak awal sampai akhir turnamen berlangsung yang akhirnya berujung mereka gugur di fase awal playoff karena, terlalu banyak rotasi pemain yang dianggap senjata makan tuan, dan semoga kesalahan tersebut bisa menjadi pembelajaran berharga bagi tim mereka.

Prediksi MPL Season 5

Musim ini Bigetron dipastikan tampil di post kesukaannya yakni hardcore, seiring datangnya 2 midlaner baru yaitu, Annisa dan Warlord. Branz mengatakan bahwa target tim mereka ialah 3 besar pada season 5 ini.

Daftar Susunan Tim Bigetron Alpha


  1. Branz (hardcore)
  2. Annisa (midlaner)
  3. Kyy (tank mid)
  4. Dreams (support)
  5. Bravo (offlaner)
  6. Warlord (midlaner)

Kyy bisa menjadi pahlawan Bigetron pada musim ini. Tantangan Kyy bisa dikatakan cukup berat, karena langsung berduet maut dengan pemain baru tengah yakni Annisa namun, hal ini bisa jadi kejutan positif jika berjalan dengan mulus.

Aura Esports

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL season 4

Aura memang tak terlalu diperhitungkan pada musim lalu namun, mereka memiliki penampilan yang baik dan menjadi salah satu tim yang mampu mengalahkan EVOS, RRQ, dan beberapa tim unggulan lainnya. Sayang seribu sayang pada akhir musim reguler sampai playoff, performa Clover malah menurun, dan gugur di fase awal playoff.

Prediksi MPL Season 5

Aura hanya meninggalkan 3 pemain lama seperti Clover, Phoenix, dan Darkness ditambah kedatangan SusuGajah, God1va, dan juga Greg. Apakah tim mereka mampu untuk bersaing? kita lihat nanti.

Daftar Susunan Tim Aura Esports


  1. Clover (midlaner)
  2. Darkness (tank mid)
  3. God1va (offlaner)
  4. SusuGajah (hardcore)
  5. Greg (support)
  6. Phoenix (support)

Geek Fam ID

Mobile Legends MPL Indonesia Season 5

Performa Pada MPL Season 4

Geek Fam ID merasa kesulitan di MPL season 4. Mereka aktif merotasi pemainnya untuk mencari susunan terbaik, namun tak kunjung menemukannya. Sampai akhirnya berujung pada MPL season 4 yang berakhir buruk bagi mereka karena tim harus finis di posisi awal dan gagal menuju ke playoff.

Prediksi MPL Season 5

Geek Fam pada musim ini seharusnya sudah menjadi Geek Fam yang lebih konsisten dan sudah tertata rapi. Terlihat dari daftar susunan mereka yang hanya 7 orang di MPL, dan hanya ada 1 pemain baru yaitu, Ayam Jago.

Daftar Susunan Tim Geek Fam ID


  1. Ayam Jago (midlaner)
  2. Tezet (offlaner)
  3. Val (tank support)
  4. Paul (tank support)
  5. Ipin (hardcore/midlaner)
  6. Ramzu (hardcore)
  7. Instinct (support/offlaner)

Ayam Jago sempat menjadi andalan RRQ dalam beberapa tahun terakhir ini, AyamJago tergeser posisinya musim lalu. Sempat tampil di M1, namun pada akhirnya tetap angkat kaki setelahnya. MPL season 5 harusnya sudah menjadi ajang dia membuktikan kapasitasnya kalau kemampuannya masih ada dalam permainan.

Komentar