Esports Adalah Bunga Bangsa Indonesia


Esports Adalah Bunga Bangsa Indonesia

Esports adalah bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitifnya. Esports yang ada saat ini telah menjadi fenomena global di semua kalangan khususnya Indonesia. Awalnya hal ini bermula dari adanya kompetisi yang diadakan oleh suatu komunitas sajaitupun hadiahnya tidak seberapa, dan memang bertujuan untuk meramaikan kegiatan yang dapat dikatakan hobi pada komunitas tersebut. Esports kepanjangan dari electronic sports yang merupakan olahraga yang menggunakan sebuah game sebagai bidang kompetitif utama yang dimainkan oleh para pemain profesional.

Mungkin pada beberapa waktu yang lalu, esports sama sekali tidak dikenal, dan mungkin sangat jarang sekali kebanyakan orang mendengar kata Esports ini. Namun berbeda dengan saat ini, yang mana nama esports ini terus berkembang dan mulai memancing perhatian dari berbagai kalangan, mulai dari gamers, media, hingga perusahaan-perusahaan besar yang sama sekali tidak bergerak di bidang esports pada awalnya.

Kata esports ini bisa digambarkan pada permainan video game yang sifatnya kompetitif tetapi, walaupun permainan video game ini sifatnya kompetitif pada dasarnya, esports adalah tingkatan yang lebih tinggi jika teman-teman menyukai kompetisi yang memiliki skala besar.

Esports Adalah Bunga Bangsa Indonesia

Sejarah Esports

Mari kita membahas secara singkat kilas balik dari perkembangan esports sampai saat ini. Awalnya tepat pada tahun 1972, yang bisa dikatakan pada masa itu mungkin komputer masih jarang bisa ditemui, jaringan internet tidak ada, belum banyak judul video game yang bisa diketahui,dan kompetisi game tersebut diselenggarakan di Universitas Stanford, dan semua jajaran dan murid di sekolah itu diundang pada kompetisi  tersebut yang diberi nama Intergalactic Spacewar Olympic yaitu, sebuah kompetisi untuk game yang berjudul Spacewar dan hanya dihadiahkan 1 tahun berlangganan majalah Rolling Stone yang memang sedang Booming pada eranya.

Setelah berlalunya kompetisi di tahun 1972 maka, sedikit demi sedikit seiring berjalannya waktu kompetisi game sejenis mulai bermunculan yaitu, sekitar tahun 1980-an, Atari menyelenggarakan kompetisi Space Invader dengan memiliki kira-kira 10.000 peserta, dan ini merupakan kompetisi terbesar pada eranya. Bahkan bisa dikatakan bahwa pada saat itu, pada kompetisi game ini bisa terbilang menjadi fenomenal yang kemudian diangkat oleh majalah ternama di Amerika Serikat yaitu, Life and Time.

Waktu terus berjalan sampai pada tahun 1990, yang mana teknologi internet mulai berkembang di Amerika Serikat yang diikuti dengan kompetisi game ini juga ikut berkembang. Perkembangannya menjadi kompetisi game online, dan juga diikuti dengan munculnya organisasi yang memiliki visi untuk menjadikan kompetisi game online ini menjadi sebuah industri baru, yaitu industri esports. Ketika itu, game yang dipertandingkan mulai beragam, seperti game Quake, Counter Strike, dan Warcraft namun, yang masih eksis sampai saat ini adalah Counter Strike.

Sampai berakhir masuk di tahun 2000, perkembangan esports menjadi semakin berkembang pesat. Adanya kompetisi Dota 2, The International, menawarkan hadiah yang bukan hanya seperti majalah Rolling Stone seperti tahun 1972, tetapi hadiahnya sangat besar yang bisa dikatakan mampu untuk membeli rumah pribadi dengan berbagai kemewahan didalamnya. Hadiah yang tergolong sangat besar itu menjadi hadiah yang sangat diincar sekali pagi para petarungnya seperti, kompetisi League of Legends yang dikelola dengan profesionalitas tinggi terlihat seperti olahraga sungguhan, sampai pada akhirnya berbagai judul game tak mau kalah juga ingin turut serta untuk terjun menjadi bagian dari budaya esports ini.

Apakah Esports Itu Olahraga?

Apakah mempunyai  syarat khusus yang  dipenuhi atau dilakukan untuk menjadi bagian dari petarung di ranah esports? Jawabannya adalah sama saja dengan olahraga mental dan pikiran lainnya, seperti catur dan contact bridge (bridge) yang sudah termasuk dalam kategori olahraga dan diperlombakan pada olimpiade, video game pun memiliki sifat yang sama yaitu, bersifat kompetitif yang membutuhkan teknik dan strategi tertentu, yang bertujuan menuntut para tim petarungnya untuk memiliki kemampuan dan kemahiran dalam memainkannya hingga memenangkan sebuah pertandingan.

Untuk menjadi ahli dalam bermain game di sebuah  industri maka, seorang pemain harus sering melakukan latihan dan meningkatkan kemampuannya, dan hal ini berlaku untuk semua pemain di semua level permainan, mulai dari pemain biasa yang cuma ingin bermain lebih baik, pemain yang ingin mendaki  leaderboard, sampai pada mereka yang bermain secara profesional yang  ingin memenangkan turnamen.

Cara Menjadi Anggota Esports Profesional

Berlatih video game bukan berarti sekedar bermain sebanyak dan selama mungkin sampai melupakan tugas belajar ataupun keluarga. Hanya sekedar menambah jam latihan tidak akan memberikanmu apa-apa kalau kamu tidak punya struktur dan basis latihan yang benar justru, malah  sebaliknya kamu malah hanya akan membuang waktu saja dan tidak akan bisa berkembang kedepannya.

Hal pertama yang bisa teman-teman lakukan jika ingin menjadi pemain esports professional yaitu, pastikan kamu memahami betul game yang sedang dimainkan. Sebelum kamu memulai memikirkan apa yang ingin kamu latih dan kembangkan maka, pastikan kamu mengerti apa yang kamu mainkan, dan kamu juga harus memahami  betul bagaimana cara kerja pada game tersebut.

Selanjutnya, mulailah dengan target latihanmu dengan jelas dan realistis, lalu carilah cara latihan yang tepat. Jangan lupa untuk mengevaluasi hasil latihan atau permainanmu karena hal ini penting untuk meningkatkan kemampuanmu. Dengan menilai kemampuanmu sendiri, kamu akan tahu apa saja kekurangan dalam dirimu dan hal yang perlu kamu tingkatkan dalam permainanmu supaya, kamu bisa menguasai pertandingan dengan berbagai strategi yang telah kamu pelajari di waktu yang lalu.

Semoga pembahasan singkat megenai Esports ini bisa berguna dan sekaligus bisa menambah wawasan anda seputar perkembangan esports saat ini.

Komentar