Perkembangan Esports Di Indonesia Saat Ini

Perkembangan Esports Di Indonesia Terbaru

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, fenomena Esports pada saat ini banyak diminati oleh khalayak ramai. Sekarang game online tidak hanya disukai anak-anak saja, namun mulai dari remaja hingga orang dewasa. Sejatinya game itu awalnya cuma dijadikan sebagai hobi semata dan sebagai obat penghibur diri sendiri saja sampai masuk ke zaman sekarang ini yang mana Esports dijadikan sebagai bidang Pekerjaan atau Profesi sebagai atlet Esports.

Perkembangan esports di Indonesia saat ini sangat baik dan sedang berkembang terus sampai sekarang sampai dengan selanjutnya. Hal positif semacam ini bisa kita capai berkat antusias atau dukungan dari kalangan anak muda Indonesia yang memang dasarnya memiliki kreatif dan inovatif pada dunia game Esports. Berbagai jenis jalan karir Esports seperti menjadi developer game, publisher game sampai, tim profesional menjadi penyalur dari kretifitas anak muda Indonesia.

Esports adalah cabang olahraga elektronik yang didukung dari Indonesia eSport Association. Adapun struktur atau tingkatan pada pertandingannya pun sama seperti cabang olahraga pada umumnya, namun perbedaannya, atlet eSport tidak bertanding dengan fisik mereka melainkan, membutuhkan strategi untuk dipertandingkan secara online melalui komputer atau gadget mereka.

Dengan diresmikannya Esports Association di Indonesia maka, para gamers yang mengikuti kompetisi dapat lebih yakin dengan hobi mereka ini nantinya akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah, sampai bisa masuk pada organisasi atau Industri yang sedang open recruitment Esports di Indonesia. Adapun jenis permainan yang paling masuk dengan Esport saat ini yaitu ;

  1. Real-time strategy
  2. Fighting
  3. First person shooting
  4. Massively multiplayer Online
  5. Racing.
Perkembangan Esports Di Indonesia


Perkembangan Esports Di Indonesia Pertama Kalinya

Jika kita melihat kilas balik dari Esports ini, awalnya turnamen Esports sangat sulit diselenggarakan, karena pada waktu itu game online hanya bisa dikompetisikan melalui komputer PC saja. Seiring waktu berjalan, kompetisi Esports yang bertajuk Online bisa dikomepetisikan bisa memalaui gadget, dan Esport muncul pertama kali di Indonesia yaitu, berkat mudahnya akses teknologi yang ada sampai saat ini, mulai dari adanya internet yang semakin cepat sampai meningkatnya perkembangan game android.

Tidak hanya sampai disitu saja, sekarang gadget dibuat khusus untuk game pun ada seperti ;

  • Asus ROG Phone
  • Razer Phone
  • ZTE Nubia
  • Huawei
  • Pocophone dsb.

Dengan adanya gadget dengan spesifikasi gahar semacam ini di zaman sekarang maka, tidak menutup kemungkinan bagi para generasi muda untuk berlatih mempersiapkan diri untuk bisa bergabung di industri Esports karena, selain membawa hal positif, Esports ini juga bisa menjadi ajang untuk unjuk gigi di kancah Asia / Internasional demi mengharumkan nama Indonesia.

Perkembangan esports di Indonesia ini didukung dengan banyaknya para pecinta games, yang membentuk komunitas yang bertujuan untuk mendukung game yang mereka mainkan. Wadah yang mengadakan turnamen saat ini cukup banyak untuk mendukung Esport itu sendiri, entah itu dari sebuah komunitas, warnet sampai perusahaan eSport. Dengan adanya komunitas-komunitas yang diiringi dengan turnamen yang di selengarakan adalah bentuk awal dari kemajuan Esports di Indonesia.

Mau Menjadi Gamers Profesional?

Menjadi Gamers Profesional merupakan profesi yang menjanjikan saat ini, dan gaji yang diperoleh mereka bisa dibilang cukup besar karena, hal itu meliputi pendapatan yang mereka terima dari industri Esport yang mengontrak mereka, sponsor, sampai hasil dari setiap turnamen yang mereka Juarai.

Pada dunia Esports saat ini, usia atau pendidikan tidak mempengaruhi untuk dapat menjadi seorang gamers Profesional asalkan, selama itu tidak mengganggu kewajiban mereka sebagai pelajar. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyak gamers yang masih dibawah 17tahun yang menjadi pro player di dalam sebuah tim Esports untuk mewakili Indonesia pada ajang kompetisi turnamen Esport.

Jika teman-teman ingat sebuah Event besar yaitu Asian Games 2018 lalu, itulah hal terbaik yang terjadi di dalam perkembangan Esport di Indonesia. Seperti kita sudah ketahui bersama Esport ini  pertama kalinya diperlombakan dalam acara Asian Games 2018, inilah yang membuktikan bahwa perkembangan Esports di negara tercinta ini mulai berkembang pesat karena, telah mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia.

Semoga pembahasan singkat ini berguna untuk menambah wawasan anda seputar perkembangan Esports di Indonesia saat ini, salam Esports.

Komentar